Lukisan Akrilik

Lukisan akrilik dan penggunaan cat akrilik memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya, air adalah pelarut catnya yang artinya bisa diencerkan dengan menggunakan air dan juga sangat memudahkan pembersihan.

Cat akrilik cepat kering dan penyimpanan penyimpanan tidak menjadi masalah dibandingkan Akrilik Seni dengan cat minyak yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengering. Hal lainnya adalah, warna dari titik aplikasi hingga tahap pengeringannya hampir sama dan orang dapat mengharapkan gambar yang sama seperti yang diterapkan.

Jual Akrilik Lembaran Custom Jakarta

Sisi negatifnya, bagaimanapun, kemampuannya untuk mengering dengan cepat merupakan kendala untuk pencampuran. Kuas juga harus ditangani dengan sangat hati-hati dengan tidak membiarkan cat akrilik mengering meskipun sebagian besar cat yang mengering dapat dihilangkan dengan air.

Palet khusus yang digunakan untuk menghindari cat mengering terlalu cepat juga cukup mahal. Juga, cat yang diperas secara berlebihan tidak akan berguna karena ini mengubah batu jadi lebih baik memeras cukup.

Tekstur dan hasil akhir lukisan akrilik dapat dimodifikasi agar sesuai dengan apa yang ingin dicapai oleh seorang pelukis dengan memodifikasi permukaannya atau dengan melakukan perubahan pada media cat itu sendiri untuk menunjukkan karakteristik soliditas, kekenyalan, konsistensi dan banyak lagi lainnya.

Media yang digunakan dalam melukis dengan cat akrilik relatif lebih banyak dibandingkan dengan lukisan cat minyak dan cat air. Faktanya, tidak seperti cat minyak dan air, cat akrilik memiliki keistimewaan yang berbeda untuk terikat dengan berbagai permukaan atau permukaan ini dapat diubah atau dipersiapkan untuk mempersiapkannya untuk pekerjaan lukisan dengan menggunakan cat akrilik.

Tidak seperti lukisan cat minyak, cat akrilik dapat digunakan untuk membuat lapisan tebal dalam waktu singkat tanpa harus merusak lapisan sebelumnya melalui beberapa media dan bahan tambahan.

Oleh karena itu penting untuk mendapatkan media dan aditif terbaik untuk lukisan akrilik dan beberapa di antaranya adalah enhancer, gel penipu, media interferensi, gel terbelakang, primer, glasir dan banyak lainnya.

Enhancer pada dasarnya ditambahkan untuk mencegah ketebalan dan meningkatkan aliran cat akrilik, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan konsistensi yang baik dan hasil akhir yang halus.

Di sisi lain, teknik yang digunakan gel ditambahkan pada cat untuk menghasilkan warna yang kental baik pada tekstur matt maupun gloss.

Media interferensi atau media kilau mutiara memiliki efek yang hampir sama yaitu membuat permukaan berkilauan atau efek logam.

Gel retarded melakukan tugas terpenting dalam lukisan akrilik yaitu memperlambat sedikit pengeringan cat dan juga memiliki efek meningkatkan transparansi.

Primer menghasilkan permukaan hitam dan putih kusam untuk menyegel kanvas yang belum dilapisi. Glasir efektif dalam membuat warna kulit dan menghasilkan efek tembus cahaya.

Untuk permukaan lukisan, kanvas merupakan pilihan yang tepat meskipun permukaan lukisan lain dapat digunakan seperti kertas, papan, dan banyak lainnya.

Untuk menyiapkan permukaan lukisan, pastikan untuk melapisi kanvas dengan cat dasar akrilik atau cat dasar sebelum mengecat.

Pilih akrilik daripada primer berbahan dasar minyak dan jika primer tidak tersedia, emulsi lateks sudah cukup. Basis putih adalah yang paling ideal karena dapat mempertahankan warna cat lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *